'nBASIS

Home » ARTIKEL » mengenal INDONESIA

mengenal INDONESIA

AKSES

  • 545,337 KALI

ARSIP


mengenal indonesia

JOKOWI-JK sudah mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI. Bahkan Kabinetnya pun sudah dilantik. Tetapi ada kesalahan besar dalam memori orang Indonesia. Apa itu?

‘nBASIS menyebut SBY sebagai Presiden ke #7, dan Jokowi ke #8. Mengapa? ‘nBASIS ingin Indonesia tidak boleh lupa sejarah. Tak seorang pun boleh mengabaikan nama Sjafroeddin Prawiranegara dari Indonesia, sejarah perjuangan dan pemerintahannya. Ya. Tak seorang pun. Biar dia komunis, nasionalis, sekularis, atau apa pun.

Kasus ini tidak sama dengan keberhalangan seorang Presiden dalam pemerintahan normal saat, misalnya, Presiden itu sedang sakit keras atau sedang bepergian ke luar negeri yang karena itu lalu mendelegasikan kewenangan-kewenangan tertentu kepada wakil atau pejabat mana pun. Kasusnya berbeda, karena terkait dengan eksistensi negara.

Acting President. Bolehlah dibandingkan dengan apa yang akhirnya dikenal dengan kasus Acting President. Berdasarkan catatan sejarah, pasca perjanjian konferensi Meja Bundar (KMB) 27 Desember 1949, Mr Assaat telah diamanatkan menjadi Acting President Republik Indonesia yang waktu itu berkedudukan di Yogyakarta. Jabatan Acting President yang diamanahkan kepada Mr Assat yang lahir di Dusun Pincuran Landai, Kubang Putiah, Banuhampu, Agam, Sumatera Barat, 18 September 1904, itu berlangsung hingga 15 Agustus 1950 seiring terbentuknya RIS (Republik Indonesia Serikat). Pada masa menjadi Acting President RI itulah, Mr Assaat menandatangani statuta pendirian Universitas Gadjah Mada.

Catatan lain mengenai Mr Assaat ialah penentangannya atas kediktatoran Soekarno dengan demokrasi terpimpinnya. Mr Assaat adalah Ketua KNIP saat dibubarkan Soekarno.

Mengantarai dua kabinet Hatta. Kabinet yang dipimpin oleh Presiden Sjafroeddin Prawiranegara adalah kabinet yang menggantikan kabinet Hatta I dan setelah pemerintahan diserahkan (kembali) Kabinet disusun kembali dengan nama Kabinet Hatta II. Dalam kabinet Hatta II ini Sjafroeddrin Prawiranegara menjadi Wakil Perdana Menteri. Perdana Menterinya sendiri adalah Mohammad Hatta, dengan Presiden Republik Indonesia Soekarno.

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: