'nBASIS

Home » ARTIKEL » ROSITA MENANTU SEORANG KALIFA

ROSITA MENANTU SEORANG KALIFA

AKSES

  • 512,716 KALI

ARSIP


Secara keseluruhan lagu ini sebetulnya sarat dengan poda (wejangan). Hanya saja netralitas lagu ini sulit diakui. Mengapalah mesti anak seorang tokoh Islam kawin kepada putera seorang pendeta dan perilakunya begitu buruk dan dicerminkan masih doyan bergaya tak senonoh di tengah publik hingga banyak orang tergoda?

Oh da Jamilah da Jamilah da bintang filim India
Boru ni Kalifah parumaen ni pandita
Ai tung godang do halak sega dibahen ho da Jamilah.
Nirimpu anak boru hape naung ina-ina
Oh Jamilah.[Oh Jamliah, Jamilah, Bintang Filim India.
Puteri seorang Kalifah (pemimpin spritual Islam) yang menjadi menantu seorang pendeta.
Sungguh begitu banyak orang terkecoh karena ulahmu Jamilah.
Disangka masih gadis rupanya sudah menikah
Oh Jamilah].

Secara keseluruhan lagu ini sebetulnya sarat dengan poda (wejangan). Hanya saja netralitas lagu ini sulit diakui. Mengapalah mesti anak seorang tokoh Islam kawin kepada putera seorang pendeta dan perilakunya begitu buruk dan dicerminkan masih doyan bergaya tak senonoh di tengah publik hingga banyak orang tergoda?Bolehkah dibalik saja si Jamilah ini (atau ganti namanya menjadi Rosita) yang kawin dengan seorang putera tokoh spritual muslim, sehingga ia tinggalkan agama bapaknya yang pendeta itu? Lagu ini sangat tak layak di abad modern, kecuali memang sedang ingin menyudutkan Islam.

Dalam video lain Judika Sihotang bersama Vicky Sianipar terasa begitu canggung menyebut boru ni kalifa, tetapi dengan menyebut saja boru ni pandita parumaen ni pandita (jadi dua besanan sesama pendeta). Tentu karena ia tahu betapa buruknya pesan syair lagu ini, meski lagunya sangat enak didendangkan. Dalam sebuah video lain dengan group yang lain pula naskah syair ditulis “boru ni Kalibat” (bukan boru ni Kalifa). Itu berarti banyak orang yang sudah merasa bahwa lagu ini sangat tendensius dan terang-terangan memusuhi Islam.

Saya tidak tahu siapa pengarang lagu ini. Umur saya sekarang sudah hampir 60. Sejak kecil saya sudah dengar lagu ini di Tapanuli. Opera Batak yang mobile dari satu ke lain kampung selalu melantunkan lagu ini sebagai salah satu lagu pamungkas dalam pertunjukan mereka.

Shohibul Anshor Siregar


2 Comments

  1. Asww.Pak Siregar,saya infokan,tak pandang keluarga haji,pesta undang kibot(keyboard) gondang batak asli dari Siantar.lagunya jamila.maka menari narilah haji haji itu.bayangkan!!Pak,no hp saya 081375353510.Tlg di hubungi.tks.

  2. Asww.Saya mengikuti rusaknya ummat Islam dibante lagu Jamilah ini.Perhatian saya di Tanjung balai ,Asahan dan Batu Bara .Semua sama rusaknya.Selamatkan akidah ummat ini.Tks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: