'nBASIS

Home » ARTIKEL » APA YANG SEHARUSNYA DIKERJAKAN KPK

APA YANG SEHARUSNYA DIKERJAKAN KPK

AKSES

  • 512,201 KALI

ARSIP


Memobilisasi opini agar KPK tetap dipandang begitu penting dan perlu adalah sebuah kesia-siaan. Sebagaimana kita saksikan selama ini, akhirnya KPK itu bisa menjadi lembaga kehumasan belaka, bercerita tentang korupsi tetapi tak sadar tak pernah berbuat substantif memberantas korupsi.

Apa yang harus dilakukan? Baca kembali latar belakang pembentukan KPK, telaah secara kritis UU pembentukan KPK, jalan !!!

Para komisioner KPK jangan bertarget kompromistis, karena dengan cara seperti itulah lembaga penegakan hukum konvensional menjadi sahabat para koruptor. Kompromi itulah salah satu hal yang ditekankan sehingga KPK itu dijelmakan menjadi extra-ordinary, seimbang dengan ke-extra-ordinary-an korupsi itu. Pernyataan ini tidak mengada-ada. Jika bukan karena kebobrokan lembaga penegakan hukum konvensional, KPK tidak perlu dibentuk.

Apa yang harus dikerjakan? Pandanganmu jangan ke bawah terus, karena hanya akan bertemu dengan terompah-terompah busuk yang memang kotor dan perlu dibersihkan. Tetapi jangan tersesat di jalan, karena level itu bukan urusanmu. Jangan habiskan energimu ke situ.

Apa yang harus dilakukan? Perhatikanlah tukang cet tembok. Ia tak pernah memulai pekerjaan dari bawah, karena ia tahu hanya orang bodohlah yang bekerja sebaliknya. Di banyak puak di negeri ini dikenal istilah “ikan mulai busuk selalu dari kepalanya”. Ikuti wisdom itu.

Apa yang harus dilakukan KPK? Jangan berangan-angan mengembangkan jaringan sampai menyaingi lembaga penegakan hukum konvensional. Itu bukan sainganmu, melainkan salah satu sasaran terpentingmu. Jika perjuangan utamamu habis untuk mengembangkan opini tentang perlunya mengembangkan cabang, berarti kau telah mendirikan papan loncat bunuh diri setinggi yang kau bisa.

Apa yang harus dilakukan KPK? Semua wajib dikerjakan, kecuali takut.

Shohibul Anshor Siregar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: