'nBASIS

Home » ARTIKEL » PERTANYAAN RAKYAT

PERTANYAAN RAKYAT

AKSES

  • 512,606 KALI

ARSIP


Setelah KPK menetapkan Komjen BG sebagai tersangka, sudah semua pimpinan KPK mendapat status dari Polri terkait dengan catatan-catatan hukum masa lalu.

Kini tinggal menempuh proses hukum selanjutnya. Kalau percaya bahwa ini tak bisa dikatakan urusan dendam, ya percaya sajalah begitu. Tetapi ada sebuah pertanyaan penting untuk kita semua. Jika misalnya Polri dan KPK masing-masing diminta (oleh rakyat) segera membeberkan data tentang catatan kriminal semua pejabat di negeri ini, apakah cukup bukti, dalam waktu tidak terlalu lama, untuk menjadikannya bagai tersangka?

Kita mulai dari Presiden Jokowi, lalu Wapres JK, mantan Kapolri, Para Pimpinan DPR dan MPR serta Para Menko dan Para Menteri, Panglima TNI, Jaksa Agung, Para Dirut BUMN, petinggi lainnya termasuk mereka yang ada di Watimpres. Tambah lagi dengan nama-nama besar lainnya, seperti mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden, Ketua BPK dan lain-lain.

Apakah KPK dan Polri memiliki catatan? Apakah catatan-catatan itu dapat didukung oleh dua, tiga atau lebih alat bukti untuk ditingkatkan menjadi tersangka?

Pertanyaan itu tidak aneh, karena hingga kini rakyat masih sangat ingin percaya bahwa semua orang bersamaan kedudukannya di depan hukum. Lagi pula, keadilan, seperti lazim diungkapkan oleh para pembesar negara, haruslah ditegakkan meski langit akan runtuh. Tidak ada tempat berkilah, apalagi berlindung, bagi siapa saja di negeri ini, untuk maksud terhindar dari tuntutan hukum atas semua tindak kriminal yang pernah dilakukannya.

Rakyat juga sangat ingin percaya, meski hari demi hari sudah semakin ragu, bahwa kekuasaan (uang dan politik) tidak boleh menjadi, atau menukangi, alibi yang dimaksudkan untuk setiap keterdugaan dan ketersangkaan hukum yang berfakta kuat dan jelas.

Tetapi yakinlah, pertanyaan itu tidak akan pernah datang dari rakyat. Karena hukum itu urusan orang-orang di atas, yang diterima begitu saja oleh rakyat, meski kerap sangat menyiksanya.

Shohibul Anshor Siregar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: