'nBASIS

Home » ARTIKEL » PEROMBAKAN KABINET KERJA JOKOWI

PEROMBAKAN KABINET KERJA JOKOWI

AKSES

  • 512,201 KALI

ARSIP


PUAN

Rabu siang, di istana negara, akhirnya Presiden Jokowi merombak kabinet kerjanya. Dalam perombakan itu Luhut Binsar Pandjaitan adalah bintang amat penting kabinet ini.

Ia merangkap dua jabatan penting dan prestisius. Jika Wapres JK menyebut bahwa untuk sementara tanggung jawab Kepala Staf Kepresidenan dialihkan ke Sekretaris Kabinet, yang saat ini dijabat oleh Pramono Anung, itu mengindikasikan dua hal. Pertama, bahwa JK masih belum pulih hubungan dengan Luhut Binsar Pandjaitan. Kedua, indikasi penilaian bahwa Andi Widjajanto itu jauh di bawah standar, karena kehadiran Pramono Anung ternyata di mata Wapres JK dapat dibebani dua tuga sekaligus.

Sofyan Djalil bertahan, meski posisi melorot. Ia memang orang JK, kata orang. Jika ketak-berhasil kabinet selama ini dilihat lebih spesifik dari sektor ekonomi, maka wajar ia diganti. Perginya Rachmat Gobel yang Menteri Perdagangan, kalau begitu harus dikaitkan juga dengan soal kegagalan ekonomi.

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sofjan Wanandi, berpendapat Sofjan Djalil dicopot karena kinerja yang kurang koordinasi. Menteri di dalam lingkup kerjanya jalan sendiri, tanpa bisa koordinasikannya.

Seorang yang selama ini begitu kritis, masuk dalam kabinet. Dialah Rizal Ramli. Ia ditugasi sebagai Menko Kemaritiman. Orang lama Darmin Nasution juga masuk.

Tedjo Edhy itu anak buah Surya Paloh di NasDem. Berkurang jatahnya. Seberapa kusut masalah polhukam selama ini hingga, jika prestasi yang menjadi alasan perombakan kabinet, Tedjo Edhy diganti?

Orang yang dulu agak dipermasalahkan sekaitan kasus semasa menjadi Kepala Divisi Asset Management Investment di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

Inilah seluruh pergantian itu, dan sedikit ditambahkan data kekayaan 5 dari 6 menteri baru itu. Ha ha, mereka semua punya dollar US lho. Anda punya? Berapa banyak?

(-) Tedjo Edhy, Menko Polhukam, digantikan Luhut Binsar Pandjaitan (kekayaan Rp 16.670.592.647 dan 274.401 dollar AS);

(-) Sofyan Djalil Menko Perekonomian digantikan Darmin Nasution (kekayaan Rp 30.173.191.556);

(-) Andrinof Chaniago Kepala Bappenas digantikan Sofyan Djalil (kekayaan Rp 16.670.592.647 dan 274.401 dollar AS);

(-) Rachmat Gobel Menteri Perdagangan digantikan Thomas Lembong (kekayaan tidak tercatat)

(-) Indroyono Soesilo Menko Maritim digantikan Rizal Ramli (kekayaan Rp 8.509.361.000 dan 88.110 dollar AS);

(-) Andi Widjajanto Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kekayaan Rp 8.479.567.737 dan 75.127 dollar AS);

Selalu ada ketertarikan mempertanyakan Puan Maharani. Ia tak diganti, dan para pengamat pun sebelum ini tak pernah menyebutnya sebagai orang yang dikenai rencana penggantian anggota kabinet.

Kata sebagian orang ia abarat jimat penyelamat Jokowi dalam kaitan dengan partai pengusung. Mega menyebutnya petugas partai bukan? Tetapi ada juga yang bilang bukan faktor itu.

Puan dinilai masih lebih baik berkomunikasi dari beberapa menteri yang diganti. Entahlah.

Saya tak begitu faham soal pemberhentian Andrinof yang Chaniago itu. Tipenya kurang lebih sama dengan Andi Widjajanto. Mereka akan kembali ke dunia lama mereka: bahas membahas dan meneliti. Tetapi, katanya, untuk sementara mereka akan berlibur dulu.

Berbagai Tanggapan. Wiranto menyebut bahwa memanglah Presiden punya hak prerogatif dalam perombakan kabinet itu dan tidak terlalu banyak kompromi dengan siapapun. Baginya perombakan kabinet ini diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan konsolidasi pemerintah sekaligus jawaban atas desakan publik yang tidak puas pada kinerja beberapa menteri.

Ketum PAN Zulkifli Hasan juga menggunakan bahasa klies, bahwa soal kabinet itu prerogatif Presiden. Nggak ada urusan dengan PAN membicarakan, katanya.

Surya Paloh tidak mempermasalahkan jatah kursi menteri partainya berkurang. Katanya, ini bukan masalah jatah, melainkan output kinerja dari Kabinet Kerja.

Apa kata Fadli Zon? Terlambat, katanya. Mengapa? Ya, keadaan sudah seburuk ini. Begitukah?

#dari berbagai sumber


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: