'nBASIS

Home » ARTIKEL » Rumah Tua Patuan

Rumah Tua Patuan

AKSES

  • 545,203 KALI

ARSIP


IMG_3133.JPG

Salah seorang yang banyak diberi tempat dalam halaman-halaman buku Prof Dr Aqib Suminto (Politik Islam Hindia Belanda) ialah Syekh Ibrahim Sitompul.

Suatu ketika, terang Suminto, Syekh Ibrahim Sitompul memenangi pilkades langsung. Belanda tidak mengakui. Syekh Ibrahim Sitompul melawan, tetapi akhirnya harus menyerah kepada keputusan untuk mengikuti Pilkades ulang.

Syekh Ibrahim Sitompul menyatakan OK. Memang untuk pemilihan ulang ini pun ia menang telak. Kolonial Belanda terpaksa mengakui dan memberi besluit pertanda pengesahan.

Tak lama setelah itu ia pergi ke kantor pemerintahan kolonial Belanda di Tarutung menyerahkan besluit yang diterimanya. Mengapa? Saya tak akan menjawabnya di sini.

Nama Syekh Ibrahim Sitompul akhirnya menjadi sangat legendaris. Nama tempat tinggalnya yang kini menjadi ibukota Kecamatan Purbatua disebut Janji Angkola yang juga dilekatkan kepada dirinya yang bergelar Sutan Janji Angkola. Mengapa Janji Angkola? Padahal wilayah itu bukan wilayah Angkola? Ini pun tidak akan saya jawab di sini.

Pempropsu entah dengan mempedomani referensi dari mana secara resmi mencantumkan petunjuk arah jalan menuju Janji Angkola dengan nama yang salah, yakni Janjangkola. Tampaknya ingin mengaburkan sejarah.

Petunjuk arah jalan ini terdapat di sebelah kanan jalan beberapa meter sebelum jembatan kota Sarulla di Jalan Lintas Sumatera.

Saya pernah menegur Sekretaris Kadis Perhubungan Provinsi Sumut karena kesalahan ini. Ia berjanji memperbaiki, tetapi tak kunjung di lakukan hingga sekarang.

Di huta Patuan ini masih berdiri Masjid Syekh Ibrahim Sitompul dan sebuah Madrasyah Ibtidaiyah serta beberapa makam tua.

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: