'nBASIS

Home » ARTIKEL » POLISI BUKIT TINGGI

POLISI BUKIT TINGGI

AKSES

  • 557,706 KALI

ARSIP


polisi
Sangat santun. Perilakunya seperti guru. Bandingkan dengan pengalaman Anda berurusan dengan teman-temannya di tempat lain. Masih ada yang baik, dan itu wajib kita dukung.


Ini kisah antara seorang polisi di Bukit Tinggi dan seorang pedagang yang berasal dari Sipirok. Kejadiannya belum lama.

Pertama saya anjurkan tonton dulu video ini. Cermati benar-benar dialog antara dua orang yang suaranya terdengar. Saya tidak tahu siapa nama polisi ini dan apa pangkatnya. Tetapi yang merekam dan menjadi rekan dialog polisi ini adalah Faizal Reza Pardede, seorang anak muda yang terjun di dunia dagang bahan-bahan pangan.

Terus terang, saya menganggap luar biasa kelihaian pembuat video ini. Ada niatan korektif (antisipatif). Sekiranya Faisal Reza Pardede mendapat perlakuan buruk, dapat dibayangkan apa yang akan dilakukannya. Tetapi karena semua berlangsung sangat baik sesuai protap, Faisal Reza Pardede hanya meminta pendapat apakah pak polisi ini dinaikkan pangkat atau dihukum. Saya jelas memintanya untuk dinaikkan pangkat.

Dari dialog ini terasa sekali polisinya sangat mendidik. Lihatlah bahasa, pilihan kata, diksi dan penjelasan yang diberikannya;

Ada pun posisi Faisal Reza Pardede, memanglah pedagang mesti mencari akal dan memang itulah wataknya. Itu tentu tidak salah. Ia tak mengajak polisi melanggar hukum, hanya menjelaskan posisinya sebagai orang pendatang yang tidak tahu jalur lalulintas yang berlaku.

Ketika polisi itu meminta klarifikasi bahwa Sipirok itu adalah Medan, betapa menariknya Faisal Reza Pardede ngotot pula mengatakan “bukan Medan pak, Sipirok”. Itu betul. Sangat betul. Tetapi penjelasan Faisal Reza Pardede kurang panjang.

Anda boleh memberi pendapat, bahwa ketika Faisal Reza Pardede meminta apakah polisi ini pantas dinaikkan pangkat atau diturunkan, saya katakan naik pangkatlah bapak ini. Anda bisa berbeda pendapat dengan saya.

Shohibul Anshor Siregar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: