'nBASIS

Home » ARTIKEL » TOKE

TOKE

AKSES

  • 538,914 KALI

ARSIP


waspada2

Mengomentari event ini Insan Khoirul Qolbi Pane berkata dengan kemarahan yang dibungkus: “Keren kakanda. Tapi mengapa sedikit sekali junior kakanda yang mampu mengikuti jejak kakanda dalam bidang ini?”

Saya pun menjawab demikian:

(1) Itu karena Insan Khoirul Qolbi Pane pergi dari Medan. Juga Armyn Gultom. Hazuarli Haz. Saleh Partaonan Daulay. Satibi Darwis. Apa masih kita perlukan menyebut nama-nama lain? Tak usahlah ya.

(2) Mereka yang tinggal di Medan itu memilih toke semua. Kita kurang menyadari bahwa bermahasiswa sekarang dengan bermahasiswa zaman kita dulu amatlah berbeda dalam banyak hal, terutama dalam hal orientasi. Sedangkan mereka yang pergi ke Jakarta itu juga memilih berhenti menulis karena merasa lebih tepat menjadi toke pula.

(3) Bayangkanlah Insan Khoirul Qolbi Pane, Armyn Gultom itu kan sudah pernah menulis buku. Hebat kan dia? Saleh Partaonan Daulay bahkan memiliki 3 gelar magister yang kesemuanya diperoleh dari luar negeri, dan satu titel doktor juga dari luar negeri. Tetapi ia sudah menetapkan pendirian untuk meninggalkan statusnya sebagai dosen, untuk menjadi toke.

(4) Jadi, Insan Khoirul Qolbi Pane, penulis seperti saya ini, untuk Indonesia masa kini, dalam pandangan masyarakat kita, hanya dianggap sebagai pekerja yang kurang lebih setara pengangguran.

(5) Menurutmu Insan Khoirul Qolbi Pane, siapalah di antara junior kita itu yang bersedia menjadi orang yang di dalam pandangan masyarakat dikategorikan setara pengangguran?

Apa jawaban Insan Khoirul Qolbi Pane?

waspada3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: